Monday, October 30, 2017



"Panglima revolusi Kuba telah meninggal dunia pada pukul 22:29 malam ini (waktu setempat)," kata Presiden Kuba, Raul Castro. Fidel Castro telah memimpin Kuba selama hampir 50 tahun sebelum Raul mengambil alih posisinya pada 2008.

Nama lengkap Fidel Castro adalah Fidel Alejandro Castro Ruz dia lahir di Birán, Provinsi Holguín, Kuba, 13 Agustus 1926. Dan meninggal di Havana, Kuba, 25 November 2016 pada umur 90 tahun.

Selama Fidel Castro hidup, ia konsisten menggelorakan perlawanan terhadap imperialisme, kolonialisme, dan kapitalisme gaya lama maupun baru yang terkandung dalam kebijakan luar negeri AS. 

Sikap yang konsisten sekaligus keras melawan imperialisme, kolonialisme, dan kapitalisme  tersebut tertuang juga dalam beberapa kata-katanya yang menjadi kutipan. berikut beberapa kutipan kata-kata Fidel Castro:

“Kutuklah aku. Tak masalah. Toh sejarah akan membebaskanku.”
16 Oktober 1953, di pengadilan atas serangannya ke barak Moncada.

“Sebuah revolusi bukanlah tempat tidur bertabur mawar merah. Revolusi adalah perjuangan mati-matian antara masa lalu dan masa depan.”
Januari 1961, Havana, pidato ulang tahun kedua revolusi Kuba.

“Senjata-senjata yang lebih canggih yang menumpuk di gudang orang-orang paling kaya dan kuat memang dapat membunuh mereka yang buta huruf, sakit, miskin, dan lapar. Namun mereka tak akan mampu membunuh kebodohan, penyakit, kemiskinan, atau kelaparan.”

“Aku adalah orang yang cukup beruntung telah menemukan sebuah teori politik. Padahal aku adalah orang yang terperangkap dalam pusaran krisis politik Kuba jauh sebelum menjadi seorang komunis. Menemukan Marxisme itu seperti menemukan peta di tengah hutan.”
18 November 1971, Chili.

“Kebenaran tak perlu diiklankan...”

“Moralitas macam apa yang pemimpin AS ingin tunjukkan jika di negara mereka sendiri jutawan dan pengemis hidup berdampingan, orang kulit hitam didiskriminasi, dan perempuan dibiarkan menjadi pelacur? Mereka juga menghina, mengutuk, serta mengeksploitasi orang-orang Meksiko, Puerto Rico, dan orang-orang di negara Amerika Latin lainnya,”
26 Juli 1978, saat menghadiri konferensi pemuda komunis sedunia

“(Santa Klaus) adalah simbol terkemuka dari pengkultusan ala merkantilisme AS.”
Desember 1998, komentarnya tentang sosok Santa Klaus.

“Aku tak melekat pada apapun. Aku hanya melekat pada tugasku untuk mempertahankan revolusi. Kukira suatu hari nanti aku akan mati dengan sepatu boots masih terpasang di kakiku.”

“Menurutku kapitalisme itu menjijikkan. Kapitalisme itu kotor, jorok, sebuah ideologi yang membuat segalanya terasing. Ia adalah sumber perang, kemunafikan, dan kompetisi. Mereka bicara tentang kegagalan sosialisme, tapi dimana itu kesuksesan kapitalisme di Afrika, Asia, atau Amerika Latin?”

“Revolusi adalah pemerintah diktator dari pihak yang dieksploitasi kepada pelaku eksploitasi. Pendapatan perusahaan yang dikelola negara di Kuba secara eksklusif digunakan untuk kepentingan rakyat, alias mereka yang pantas mendapatkannya.” 


Dimohon komentator menggunakan bahasa yang sopan. Tidak merendahkan, memojokkan dan melecehkan kelompok lain. Terima Kasih
EmoticonEmoticon