Saturday, October 7, 2017



Ingat masa lalu, saat dimana anak-anak sudah merasa bahagia dengan bermain kaleng bekas kemasan susu sebagai telpon dan saat sore hari, setelah mandi mereka mengantri didepan rumah pemilik televisi untuk sekedar bisa menonton film kesukaan mereka, jika tidak sore hari minggu pagi mereka sudah mengantri layaknya penerima BLT waktu Presiden Anu.
[next]

Sangat berkesan memang, dan sangat sayang jika kemudian harus dilupakan begitu saja. Terlebih saat mereka menonton film "Ksatria Baja Hitam Super One". Pulang menonton televisi dari tetangga, esok harinya mereka menirukan gerakan Kasuya untuk mengubah dirinya menjadi Ksatria, tidak cukup sampai disitu, sambil mengendarai sepeda pancal kesayangan mereka menirukan Kasuya mengendarai motor supernya.

Kamen Rider atau Masked Rider, dalam Bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan "Ksatria Baja Hitam" adalah cerita mengenai super hero produksi TOEI (perusahaan film yang bergerak dibidang super hero) yang berasal dari Jepang. Sebenarnya, jika diartikan secara bahasa Kamen Rider/Masked Rider adalah penunggang atau pengendara bertopeng. Namun jika diterjemahkan secara bahasa agaknya judul film anak-anak "Penunggang/Pengendara Bertopeng" kurang menjual dan sulit dimengerti oleh anak-anak.

Film yang menceritakan seseorang yang memiliki kekuatan untuk merubah dirinya menjadi super hero yang bertopeng dan memakai armor (Zirah/Baju perang) yang juga memiliki kekuatan luar biasa untuk menumpas musuh-musuhnya ini akhirnya diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yang lebih luwes dan "menjual" dengan istilah Ksatria Baja Hitam, meskipun kita juga belum tentu percaya armor yang dipakainya adalah baja, bisa saja titanium atau kalau dilihat lunaknya saat bergerak mungkin semacam galvalum atau seng yang biasa digunakan untuk talang.

Selain armor sebagai "seragam" para Kamen Rider ini mereka juga mempunyai kendaraan dinas yang juga tak kalah supernya dengan armornya. Pada umumnya kendaraan Kamen Rider ini adalah motor meskipun sebagian dari mereka juga ada yang mengendarai kendaraan selain motor, diantara mereka ada yang mengendarai mobil bahkan ada pula sepeda pancal.

Namun, yang paling berkesan adalah Kamen Rider yang mengendarai motor. Mereka tampak "cool" bercampur dengan aura gagah berani, pantang menyerah, dan terkesan pahlawan pembela kebenaran sehingga masyarakat umum tidak berani melawannya. Motornyapun tak biasa, tidak standard sama sekali, banyak pernak-pernik dimotornya untuk menampilkan kesan "super" pada motornya, agar musuh-musuhnya "keder" dan mentalnya jatuh saat melihat Sang Kamen Rider mengendarai motor dinasnya. Bukan hanya musuhnya, masyarakat akan minggir saat Sang Kamen Rider ini lewat di jalanan. Sang Kamen Rider tidak boleh kalah jika lewat dijalanan.

Dan, tidak hanya sampai di film. Sekarang, telah muncul Kamen Rider-Kamen Rider baru di jalanan. Orang-orang yang mengendarai motor dengan pernak-pernik layaknya Kamen Rider di Film anak-anak. Diantara Kamen Rider-Kamen Rider ini ada yang kemanapun membawa "rice cooker" di bagian belakang motornya. Mereka juga tak mau kalah dengan Kamen Rider Versi film, mereka sering kali memaksa pengguna jalan lain untuk minggir dengan cara meng-klakson sekeras-kerasnya dan berulang-ulang bahkan ada yang membawa lampu ala polisi lalu lintas untuk membuat pengguna jalan minggir, terlebih saat mereka konvoi dengan kamen rider-kamen rider lain, orang lain diluar klub konvoi mereka harus minggir saat mereka lewat. Mungkin, mereka berhalusinasi bahwa mereka mengejar musuh atau monster yang akan menghancurkan bumi seperti di film-film sehingga mereka butuh kecepatan melebihi pengendara lain. Karena, jika tak segera dibasmi monster akan menghancurkan bumi.

Tidak hanya pernak-pernik berupa penambahan aksesoris bodi pada motor, namun banyak juga yang menambah lampu motor sedemikian banyaknya dengan warna yang mengganggu penglihatan mata. Sehingga, tak jarang jika berjalan dimalam hari lampu-lampu ini mengganggu penglihatan pengendara lain yang sangat mungkin menyebabkan kecelakaan. Tapi, mau bagaimana lagi, mereka adalah Kamen Rider; pembela kebenaran, pembasmi kejahatan. Tanpa mereka bumi telah dihancurkan monster jahat. Jadi, tidak ada yang berani melawan mereka kecuali Kamen Rider lain yang resmi direkrut oleh negara.

***

Dimohon komentator menggunakan bahasa yang sopan. Tidak merendahkan, memojokkan dan melecehkan kelompok lain. Terima Kasih
EmoticonEmoticon