Wednesday, September 20, 2017

Ku Klux Klan adalah sebuah kelompok rasis Amerika yang pertama kali muncul pada tahun 1863. Kelompok ini berkeyakinan bahwa manusia kulit putih adalah yang terbaik, dan dengan itu mereka memiliki misi memberantas kaum minoritas di AS, seperti kaum negro, Yahudi, dan Asia. Tidak hanya itu, mereka juga bahkan menyerang kaum kulit putih yang berusaha melindungi kaum minoritas.

Konflik akibat isu rasisme di Amerika mencuat akibat usaha pembebasan kaum budak kulit hitam paska perang sipil 1861-1865. Bagi kaum kulit putih, para budak adalah aset yang berharga karena didapat dengan harga murah bahkan gratis. Maka, merdekanya kaum budak seolah merampok habis-habisan apa yang mereka miliki saat itu. Dan Ku Klux Klan merupakan salah satu dari ekspresi kemarahan mereka terhadap kaum kulit hitam.

Ku Klux Klan sering melakukan teror kekerasan kepada kaum kulit hitam yang mereka anggap tak tahu diri. Dan bagai api membakar kapas, kebencian menyebar dengan cepat.



Ruh Ku Klux Klan di Indonesia?




Meski memiliki target dan bentuk gerakan berbeda, kelompok mayoritas yang menindas kaum minoritas memiliki spirit sama dengan Ku Klux Klan. Mereka sama-sama berkeyakinan bahwa suatu kelompok berhak memberikan judge kepada kelompok lain, hanya karena kaum tersebut merupakan mayoritas. Bagi mereka demokrasi tidak penting, sebab dengan jumlah massa cukup tindakan mereka seolah akan direstui oleh hukum.

Motifnya bisa beragam, tapi selalu memiliki keterkaitan. Yakni amarah terhadap suatu kelompok masyarakat lain, yang menurut mereka seharusnya tunduk terhadap kelompok mereka yang notabene lebih besar. Wujudnya pun bisa bermacam rupa; kelompok etnis, ras, suku.

Kalau agama? Silakan lihat sendiri.

1 komentar:

Dimohon komentator menggunakan bahasa yang sopan. Tidak merendahkan, memojokkan dan melecehkan kelompok lain. Terima Kasih
EmoticonEmoticon